Morfologi Ikan Layur Yang Lezat Untuk Dikonsumsi

 Pernahkah kalian mendengar tentang ikan layur? Di Indonesia, jenis ikan yang satu ini cukup banyak diperjualbelikan karena memiliki rasa yang lezat dengan daging ikan yang empuk.

Ikan yang satu ini sangat mudah ditemukan di berbagai perairan dunia. Sehingga tidak sulit untuk menemukannya di perairan lepas. Ikan layur merupakan jenis ikan laut.

Ikan yang satu ini sering sekali dijadikan olahan sambal pedas, sambal hijau, dan lain sebagainya. Berikut ini ciri-ciri dari ikan layur yang perlu kalian ketahui.

Karakteristik Dan Fakta Ikan Layur

Ikan layur memiliki nama latin Trichiurus lepturus. Jenis ikan yang satu ini cukup mudah dikenali karena memiliki bentuk tubuh yang mencolok. Berikut ini ciri-ciri morfologi dari ikan layur yang perlu kalian ketahui :

  1. Layur memiliki bentuk tubuh panjang dan pipih. Ikan yang satu ini dapat tubuh dengan diameter tubuh satu genggaman orang dewasa. Namun pada umumnya, lingkar tubuh dari ikan ini berkisar 15 cm saja.
  2. Layur memiliki warna putih keabu-abuan. Biasanya, warna abu-abu berada pada bagian punggung.
  3. Ikan yang satu ini dapat tubuh hingga 2 meter karena memiliki tingkat pertumbuhan yang cukup cepat.
  4. Ikan ini cukup senang berenang dalam kelompok. Ikan ini juga menyukai sinar matahari sehingga sering berkumpul di perairan dangkal yang sering terkena sinar.
  5. Ikan ini memiliki bentuk kepala lancip, namun tidak memiliki moncong.

Di Indonesia, ikan layur sangat mudah dijumpai. Berbagai perairan kita yang seringkali menjadi habitat ikan ini diantaranya adalah Tuban, Pelabuhan Ratu, Cibanteng, Lawang, Sukawayana, dan masih ada banyak lagi.

Berbagai perairan dunia seperti di Jepang, Filipina, Teluk Siam, hingga Laut Cina juga banyak ditemui ikan yang satu ini. Kecepatan pertumbuhannya yang tinggi menyebabkan ada cukup banyak jenis layur bertebaran di perairan seluruh dunia.

Kandungan protein dari layur sangat tinggi. Dalam satu ekor ikan layur, terkandung protein sebanyak 18 gram, Omega 3, fosfor, lemak, kalsium, dan berbagai nutrisi lain yang diperlukan bagi tubuh.

Selain itu, ikan ini juga memiliki kandungan zat besi, fosfor, vitamin A, B, C, D, dan juga karbohidrat. Layur sendiri sangat sering dijadikan olahan makanan dan dipercaya memiliki berbagai manfaat seperti menyehatkan tubuh, menyehatkan organ dalam dan kulit, hingga mampu digunakan sebagai penghangat perut.