Memakai Pakaian Terbaik saat Ke Masjid, Adab Sholat Berjamaah

Sholat berjamaah dalam Islam memiliki kedudukan lebih mulia dibandingkan dengan sholat sendiri-sendiri di rumah. Hal ini karena sholat berjamaah akan mendapatkan pahala yang lebih besar yaitu 27 derajat lebih tinggi dibandingkan sholat sendiri di rumah. Sehingga lebih disarankan untuk melakukan sholat secara berjamaah.

Untuk dapat menyempurnakan pahala dalam sholat berjamaah haruslah menaati adab atau aturan-aturan yang berlaku pada saat sholat berjamaah. Dimana aturan atau adat ini telah ditentukan jauh-jauh hari oleh nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam agar kita dapat mengikutinya. Berikut merupakan adab sholat berjamaah yang benar.

Adab Sholat Berjamaah yang Benar

pexels.com

Memakai pakaian yang terbagus

Memakai pakaian yang terbagus saat akan sholat berjamaah telah diajarkan nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam. Sebaiknya disarankan untuk mengenakan pakaian terbaik dan tidak bergambar atau memiliki tulisan yang dapat mengganggu jamaah yang lainnya. Untuk pergi ke masjid sebaiknya pakaian baju koko terbaik. Memakai pakaian terbaik kemudian berhias diri merupakan perintah Allah.

Tidak hanya itu, untuk pergi ke masjid juga disarankan untuk memakai wangi-wangian. Rekomendasi pakaian terbaik yang dapat diberikan yaitu misalnya dengan menggunakan pakaian kurta Pakistan. Kurta Pakistan memiliki potongan yang sederhana namun elegan. Sehingga dapat mengeluarkan sisi maskulinitas dan wibawa kamu pria.

Berwudhu dari rumah

Suci dari hadats besar dan kecil merupakan kewajiban sebelum dilakukan sholat. Oleh karena itu, sebelum berangkat ke masjid disunahkan untuk mengambil air wudhu terlebih dahulu saat di rumah. Hal ini dijabarkan dalam hadist riwayat Muslim bahwa hendaknya mengambil air wudhu dilakukan dari rumah. Karena setiap langkah kita saat berangkat ke masjid memiliki dua manfaat.

Manfaat berwudhu sebelum berangkat ke masjid yaitu langkah pertama kita akan menghapus dosa-dosa kita. Sedangkan langkah kedua kita akan mengangkat derajat kita. Oleh karena itu, amat disarankan untuk mengambil air wudhu sejak dari rumah.

Membaca doa saat menuju ke masjid

Membaca doa saat menuju ke masjid merupakan salah satu hal yang penting yang dapat dilakukan seorang umat ketika melakukan perjalanan menuju ke masjid. Namun, sayangnya hal ini jarang dilakukan. Saat keluar rumah, maka disarankan untuk berdo’a keluar rumah agar selalu diberkahi dan mendapat perlindungan dari Allah subhanahu wata’ala.

Berdoa saat memasuki masjid

pixabay.com

Hendaknya selalu berdoa sebelum memasuki masjid. Seperti yang dianjurkan oleh nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam. Selain berdoa saat memasuki masjid, disunahkan pula untuk memasuki masjid dengan kaki kanan terlebih dahulu. Hal ini karena tujuan utama ke masjid adalah melakukan hal-hal baik.

Tidak melewati di depan orang yang sedang sholat

Adab sholat berjamaah berikutnya adalah hendaknya tidak lewat di depan orang yang sedang melakukan sholat. Hal ini telah dikatakan Rasulullah shallallahu alaihi wassalam hendaklah takut berdosa seseorang yang melewati saudaranya seiman saat sedang melakukan sholat.

Melakukan sholat tahiyatul masjid sebelum duduk

Sesaat setelah masuk masjid disarankan untuk melakukan sholat tahiyatul masjid sesuai dengan aturan yang belaku. Hal ini sesuai dengan saran yang diberikan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam sesaat setelah masuk masjid untuk melakukan sholat sunah 2 rakaat.

Menjawab panggilan adzan

Pada saat muadzin mengumandangkan adzan, kita sebaiknya mendengarkannya dengan seksama. Kemudian menjawab adzan yang dikumandangkan dengan cara menirukan kalimat yang muadzin katakan. Setelah selesai adzan disarakan untuk membaca doa setelah adzan.

Merapikan barisan sholat

Merapikan barisan sholat dengan cara merapatkan barisan shaf dan meluruskannya dengan jamaah yang ada di depannya. Hal ini untuk menghindari adanya shaf yang kosong dan memberikan ruangan untuk jamaah secara merata.

Tidak mendahului imam

Pada saat menjadi jamaah atau ma’mum, disarankan untuk tidak mendahului gerakan imam. Namun menirukan gerakan imam sesaat setelah imam selesai melakukan gerakan sholat. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam juga mengancam setiap orang yang mendahului gerakan imam.

Berdoa ketika keluar masjid

Sama seperti sesaat sebelum masuk masjid, keluar masjidpun ada doanya. Oleh karena itu, disarankan untuk berdoa saat keluar dari masjid agar apa yang dilakukan di dalam masjid mendapatkan karunia dari Allah subhanahu wata’ala.

Etika-etika saat sholat berjamaah tersebut hendaknya dijalankan baik oleh jamaah dari kaum pria maupun dari kaum wanita yang hendak akan menuju masjid. Hal ini dilakukan untuk menghormati keberadaan masjid. Selain itu, juga dapat menghormati kita dan tentu saja Allah subhanahu wata’ala sebagai Sang Pencipta dan Maha pemberi karunia bagi hamba-hambanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *