List Ikan Pencegah Stunting menurut Jurnal Stunting

Jurnal stunting merilis daftar ikan dengan nutrisi tinggi yang bisa mencegah stunting pada anak-anak. Menurut WHO, yang disebut stunting adalah kondisi gagalnya pertumbuhan anak disebabkan oleh gizi buruk, terkena infeksi berulang kali dan kekurangan stimulasi psikososial.

Persoalan stunting ini semakin memprihatinkan karena Indonesia termasuk negara dengan angka stunting yang tinggi. Ini berdasarkan riset Kementarian Kesehatan pada tahun 2018 lalu. Nah, salah satu cara mencegah stunting pada anak adalah dengan mengonsumsi ikan yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan anak-anak. Berikut ini akan diulas list ikan pencegah stunting menurut Jurnal Stunting.

Ikan Bernutrisi Super Pencegah Stunting

pixabay.com

Ikan Patin

Jenis ikan yang harus dikonsumsi untuk mencegah stunting adalah ikan patin. Ikan ini kaya akan kandungan lemak tidak jenuh. Jumlahnya mencapai 50% dari keseluruhan nilai gizi yang terkandung dalam ikan patin. Tentu banyak sekali manfaat dari mengonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak tak jenuh.

Salah satu manfaatnya adalah untuk menghindarkan diri dari kolesterol, yang dapat memicu penyakit jantung. Ikan ini pastinya juga bagus dikonsumsi oleh ibu hamil, karena bermanfaat untuk kesehatan janin dan pertumbuhan otaknya. Jadi stunting bisa dicegah dengan kandungan omega 3, DHA dan EPA yang ada di ikan patin.

Ikan Lele

Ikan yang bisa mencegah stunting menurut jurnal stunting selanjutnya adalah ikan lele. Ikan air tawar ini kaya akan kadungan vitamin B12 sebanyak 40%, yang mana bisa memenuhi kebutuhan harian tubuh manusia. Selain itu kandungan vitamin ini juga bisa membantu memecah makanan.

Ikan lele juga memiliki kandungan merkuri yang rendah yang akan bermanfaat untuk ibu hamil. Karena kandungan merkuri yang tinggi bisa membahayakan janin. Jangan lupakan juga asupan omega 3 dan 6 yang berkhasiat untuk pertumbuhan otak si kecil.

Ikan Mas

Ikan mas juga bisa dikonsumsi sebagai tindakan preventif dampak stunting. Ikan ini mengandung banyak nutrisi bermanfaat seperti protein dan vitamin A dan vitamin B1. Jangan lupakan juga kandungan kalium dan fosfor yang baik untuk si kecil.

Kandungan kalium dan fosfor dalam ikan mas sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang tulang dan gigi buah hati. Dengan asupan kalium dan fosfor yang cukup, si kecil akan memiliki gigi sehat dan postur tubuh yang normal.

Ikan Tongkol

Ikan pencegah stunting selanjutnya adalah ikan tongkol, yang memang mengandung nutrisi bermanfaat untuk tubuh manusia. Di antaranya adalah kalium, zing, mangan, vitamin E, vitamin A dan zat besi.

Kandungan zat besi pada ikan tongkol ini bermanfaat untuk mencegah anemia atau kurang darah. Hal yang lazim dialami oleh ibu hamil pasca melahirkan, yang mana jika dibiarkan si kecil akan ikut merasakan dampaknya. Jadi mengonsumsi ikan tongkol ini sangat disarankan untuk ibu hamil demi kesehatan janin yang dikandungnya.

Bahaya Stunting yang Harus Dihindari

pixabay.com

Kerusakan Sel Otak

Harus dipahami, bahwa bahaya stunting yang semakin mencemaskan ini tidak hanya menyerang anak secara fisik. Namun juga menyerang tumbuh kembang otak si kecil. Masalahnya, jika pertumbuhan anak secara fisik masih mungkin diatasi, tidak demikian dengan pertumbuhan otaknya. Yang lebih buruk, anak yang mengalami stunting berisiko merusak sel otaknya.

Kemampuan Kognitif Terbatas

Jadi karena stunting juga bisa menyerang pertumbuhan otak si kecil, imbasnya dia akan mengalami kesulitan belajar. Ini karena kemampuan kognitifnya yang sangat terbatas.

Yang paling buruk, kondisi semacam ini akan terus berlanjut hingga usia produktifnya di masa depan. Anak-anak yang mengalami stunting dan pertumbuhan otaknya terbatas akan kurang produktif dibandingkan teman sebaya pada saat dewasa nanti.

Bukan hanya itu saja, stunting juga membuat imun tubuh si kecil lemah. Dampaknya si kecil akan mudah terkena penyakit dan infeksi. Bahkan jika infeksi ini terus berulang bisa menyebabkan kematian.

Pencernaan Terganggu

Bahaya stunting berikutnya adalah dapat mengganggu sistem pencernaan si kecil. Akibatnya si kecil akan tergiring untuk membiasakan pola makan yang tidak sehat. Jadi jangan kaget kalau anak yang mengalami stunting akan berisiko terkena penyakit diabetes, darah tinggi hingga obesitas. Jadi dengan sederet bahaya buruk akibat stunting ini kita bisa sepakat kalau stunting harus diperangi bersama-sama.

Demikianlah uraian kami tentang list makanan bernutrisi utamanya jenis ikan yang efektif untuk pencegahan stunting semenjak usia dini. Untuk solusi lain tak ada salahnya Anda mencari info selengkapnya tentang produk herbal Tiens peninggi badan juga. Terjamin aman dan efektif serta memiliki jenis paket produk yang lengkap. Termasuk paket produk khusus untuk usia anak-anak juga tentunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *