Penyebab Telinga Berdenging Yang Mengganggu

Pernahkah kamu merasakan telingamu seperti berdenging ? uniknya masyarakat Indonesia masih sering mengaitkan hal ini dengan pertanda-pertanda tertentu. Padahal sebenarnya denging atau dengung ini adalah kondisi medis yang disebut dengan tinnitus. Tinnitus ini terjadi akibat mendengar suara-suara abnormal yang berasal danri dalam telinga. denging ini sebenarnya bisa hilang dengan sendirinya, hanya membutuhkan waktu tidak sampai 10 menit saja dengung akan berhenti. Tinnitus sering terjadi saat kamu berada di tempat yang hening atau saat akan hendak tidur. Namun dari kebanyakn orang yang mengalami gangguan ini satu dari seratus orang mengaku mendapatkan gannguan ini secara rutin, bisa berkali-kali dalam satu harinya, bahkan mereka bisa merasa terganggu konsentrasinya dan menyebabkan masalah susah tidur sampai depresi.

Tinnitus atau telinga berdenging merupakan persepsi suara dering yang timbul di dalam organ telinga bagian dalam akibat adanya sebuah kondisi, misalnya seperti cedera telinga, faktor usia yang mnyebabkan berkurangnya fungsi dari indra pendengaran, biasanya kondisi ini lebih sering terjadi pada wanita terutama untuk mereka yang sudah lanjut usia. Ada beberapa hal yang mengakibatkan munculnya denging pada telinga kita, salah satunya adalah kebiasaan mendengarkan suara yang terlalu keras pada telinga. kondisi ini akan terjadi saat kita mendengarkan musik terlalu keras dalam jangka waktu yang lama. Kondisi ini bisa mengakibatkan rusaknya koklea pada telinga kita di bagian dalamnya.

Penyumbatan akibat kotoran di telinga juga menjadi penyebab lainnya. Kotoran di telinga memang memeiliki peran yang besar untuk mengikat minyak dan bakteri yang ada, namun jika kotoran telinga terus menumpuk dan jarang dibersihkan tentu kondisi ini bisa menimbulkan adanya penyumbatan pada saluran telinga itu sendiri. Selain itu Meniere atau gangguan pendengaran pada telinga karena kelebihan cairan di bagian dalam juga bisa menjadi faktor penunjang munculnya dengung yang terjadi secara berulang ulang. Dengung ini sebenarnya bisa terjadi pada siapa saja, bahkan kondisi ini tidak mengenal usia, jika kondisinya sudah parah lebih baik langsung konsultasi pada dokter saja agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *