Tips Membuat Daftar Riwayat Hidup Kreatif yang Tidak Monoton

Mendapatkan pekerjaan di perusahaan yang mengedepankan kreativitas tentu tidak mudah. Dari proses melamarnya dibutuhkan sebuah ide unik untuk mencuri perhatian calon atasan. Sekarang coba buat ulang CV lama Anda, segarkan kembali dengan tips membuat daftar riwayat hidup kreatif yang tidak monoton.

Cara Membuat Desain CV yang Kreatif

Anda mungkin khawatir karena semua pelamar pasti membuat CV yang mencolok dan menarik. Tetapi, setidaknya jadilah berbeda dengan kiat-kiat membuat desain CV sederhana namun unik berikut ini. Sebelumnya, sediakan software desain seperti Adobe InDesign atau siapkan template CV dari internet.

1. Gunakan kolom untuk memaksimalkan ruang

Tips yang pertama adalah memaksimalkan lembar kerja yang ada. Perekrut biasanya malas menjumpai CV yang panjangnya lebih dari satu halaman.

Padahal Anda mungkin ingin mencantumkan berbagai informasi secara terperinci, mulai dari kursus, pengalaman kerja paruh waktu dan sebagainya. Tetapi, biasanya yang ingin diketahui perusahaan terutama adalah kualifikasi yang relevan dengan lowongan pekerjaan.

Lalu bagaimana saran terbaiknya? Buatlah secara ringkas tanpa mengesampingkan desainnya. Buang detail yang dirasa tidak relevan dengan posisi yang Anda lamar. Manfaatkan ruang kosong agar CV terlihat lebih rapi dan hanya menyoroti informasi paling penting saja.

unsplash.com

2. Tata letak itu sangat penting

Jika Anda membuat daftar riwayat hidup dengan software Microsoft Word, penyusunan tata letaknya sangat terbatas. Ini akan menghasilkan CV yang agak membosankan, walaupun sebenarnya bisa diakali dengan kreativitas tinggi.

Setelah meringkas konten di dalamnya sehingga muat satu halaman, berikutnya pisahkan informasi yang ada menjadi potongan-potongan terpisah. Ini agar secara visual lebih mudah dicerna oleh pembaca. Bayangkan jika Anda sudah membaca ratusan CV sepanjang hari, pasti rasanya tidak ingin berlama-lama membaca.

Gunakan kolom dan baris, separator dan ruang putih untuk memisahkan semua data berdasarkan kategorinya. Posisi yang rapi juga akan membuat mereka lebih mudah untuk mencari informasi pada saat tahap wawancara.

3. Letakkan informasi penting di bagian atas

Bagian atas CV adalah informasi yang orang akan lihat pertama kali sebelum membaca secara keseluruhan. Pastikan bagian tersebut berisi keunggulan utama Anda atau poin paling penting yang benar-benar harus berada di sana. Jadi jangan gunakan terlalu banyak ruang untuk judul, nama dan detail kontak.

Jika ingin menggunakan header, Anda bisa gunakan kolom lebih kecil di sebelah kiri untuk informasi nama dan kontak. Lalu di sebelah kanan kolom yang lebih besar berisikan ringkasan lainnya.

4. Gunakan infografis agar menarik

Menambahkan infografis untuk detail adalah cara terbaik untuk memperkenalkan tampilan CV yang berbeda dan profesional. Ketimbang sekadar angka, infografis dalam bentuk diagram akan lebih menarik dan mudah dipahami. Isinya bisa berupa jumlah klien, penghargaan, atau kemampuan terhadap suatu bidang. Kustomisasi setiap data menjadi infografis tersendiri.

unsplash.com

6. Cocokkan desain dengan warna perusahaan

Ini salah satu taktik jitu untuk mencuri hati perusahaan. Buat desain CV dengan warna atau bentuk khas perusahaan. Misalnya Anda ingin melamar di Tokopedia, yang identik dengan warna hijau, maka buatlah CV bernuansa hijau. Pemilihan font juga harus diperhatikan.

Ini dapat membedakan Anda dengan yang lain sekaligus menunjukkan antusiasme terhadap lowongan di perusahaan terkait. Kreativitas dan pemikiran out of the box akan membuat CV pelamar lebih diperhatikan.

7. Coba CV digital, buat website

Terakhir, jika Anda tidak ingin menggunakan konsep lama yaitu dengan dicetak di kertas, buatlah CV digital. Cara ini mungkin akan sangat cocok bagi pelamar yang ingin menempati posisi sebagai desainer web.

Beli domain sesuai dengan nama Anda, lalu rancang website sedemikian rupa sehingga sesuai dengan bentuk CV pada umumnya. Tidak perlu paham coding, karena platform seperti Blogger atau WordPress menyediakan banyak template untuk profile web.

Menariknya, di sini Anda benar-benar bisa mencantumkan berbagai hal dalam satu halaman. Jika tidak ingin terlalu panjang, cukup tautkan halaman berikutnya dengan tombol. Misalnya untuk melihat portofolio, pengalaman kerja dan sebagainya. Konten seperti animasi atau video juga sangat mungkin ditambahkan ke dalamnya.

Kesimpulan

Jika Anda tak mau repot, sebenarnya banyak tersedia template CV kreatif di internet, mulai dari yang gratis hingga berbayar. Pilihannya tidak terbatas, namun semua tetap bergantung pada kreativitas Anda. Tips membuat daftar riwayat hidup di atas hanyalah panduan singkat yang sangat mendasar. Sisanya harus dikembangkan sendiri sesuai kebutuhan masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *